Friday 2 June 2017

Social media for marketing, Digital Marcomm.

Jejaring Sosial untuk Brand


Sosial media mengusung kombinasi antara ruang lingkup elemen dunia maya ,dalam produk produk layanan online seperti blog,forum diskusi,chat room,e-mail, website, dan juga kekuatan komunitas yang dibangun pada jejaring social.
         ·            Era internet social media.

Tahun 2009 adalah tahun keemasan jejaring social berkiprah dengan bendera ‘EVERYTHING IS SOCIAL’. social media disini adalah internet social media. Dengan fakta semua website memiliki jejaring sosialnya sendiri, entah itu facebook, twitter atau instagram.saat ini jika kita bicara jejaring sosial secara umum atau dalam wujud bisnis ,konteksnya meluas dan melibatkan berbagai sosial media sebagai element yang tidak terpisahkan dengan jejaring sosial.
         ·            Karakteristik social media modern.
§  Transparansi,
§  Dialog dan komunikasi
§  Jejaring relasi
§  Multi opini
§  Multi form
         ·            Social media dan peluang peluang bisnis
Social media dapat digunakan sebagai Tool  sewaktu anda ingin menggunakanya untuk menjadikan alat promosi bisnis.
Ø  Life sharing
Ø  Knowledge sharing
Ø  Network dan komunitas
§  Social networking
§  Business network
§  Community building
Ø  Information spreading
Banyak orang dan juga komponen yang terlibat melakukan promosi bagi suatu brand atau produk menggunakan social media.
Pengelola jejaring social
o   Creators
·         Publish a blog
·         Publish your own web pages
·         Upload video your created
·         Upload music or audio your created
·         Write articles or stories and post them
o   Critics
·         Post rating /review of products or service
·         Comment on someone else blog
·         Contribute to online forum
·         Contribute to edit  articles in web
o   Collectors
·         Use RSS feeds
·         “vote” for website online
·         Add “tags” to wed pages or photo
o   Joiner
·         Maintenance profile on social networking site
·         Visit social networking sites
o   spectator
·         Read blogs, listen to podcast
·         Watch video from another user
·         Read online forum
o   inactives
Semua diatas harus memunculkan influence (pengaruh),memberikan perhatian pada produk atau brand juga memungkinkan terjalinya interaksi di dalamnya “social media”sebagai tool nya.
No
company
industry
Channel
Score
1
Starbucks
Leisure
11
127
2
eBay
Retail
9
115
3
Google
Media
11
105
4
Microsoft
Technology
10
103
5
Thompson Reuters
Media
8
101
6
Nike
Consumer products
9
100
7
Amazon
Retail
9
88
8
SAP
Technology
10
86
9
Intel
Technology
10
85
10
Yahoo
media
9
85





Tabel. Ranking top global brands .
perolehan score ini dilihat dari 40 parameter acuan, jumlah channel yang digunakan dan engagement yang dibangun oleh masing masing channel memberikan kontribusi nilai.
Engagement dapat dikelompokan menjadi 4
                                I.            maven
                              II.            butterfly
                            III.            selective
                            IV.            wallflower.

·         Fungsi dari sosial media.
o   Menciptakan identitas brand/produk
o   Sarana promosi bentuk baru (new media)
o   Sarana riset
o   Meningkatkan customer dengan tuntutan loyalitas costumer
o   Sarana komunikasi audiensi mencakup internet dan eksternal
o   Manajerial reputasi (semakin banyak parameter positif maka reputasi meningkat).
o   Solusi praktis bagi problematika komunikasi dan manajemen.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun jejaing sosial.
§  Memilih jejaring sosial yang tepat sesuai karakter bisnis.
§  Menentukan tujuan .
§  Menemukan fans dan follower.
§  Keterbukaan
§  Menjadi pendengar yang baik
§  Sumberdaya,berupa konten yang menarik untuk brand yang akan di promosikan.


Promosi coca-cola
Banyak sekali minuman bersoda yang dijual dipasaran semua bersaing secara ketat agar dapat menjadi nomor satudan minuman yang favorit. Coca-Cola sering kita temui direstoran dan di warung warung dipinggir jalan,namun bukan berarti coca-cola berhenti mempromosikan produknya.dan Coca-cola sering mengganti slogan tagline nya “Always coca-cola” “Yang Segarnya mantap itu Coca-Cola”, “Hidup Ala Coca-Cola”dan masih banyak lagi tagline yang digunakan coca-cola dalam mempromosikan produknya.
Tidak hanya itu Coca-Cola juga sering membuat iklan video di viral jejaring sosial yang sangat menarik untuk ditonton dan menginspirasi consumenya.
Website Coca-Cola
http://www.coca-cola.com dan didalam website tersebut juga terdapat website lainya sebagai media promosinya.
ü  Coke USA http://cokeusa.com
ü  Coca-Cola fans on facebook http://www.facebook.com/cocacola
Coca cola Indonesia sendiri dapat di akses di http://www.coca-colabottling.co.id/

Website website tersebut memiliki informasi berbeda dengan setiap promosi yang dilakukan coca-cola.kehadiran jejaring sosial dimanfaatkan coca-cola untuk melakukan promosi seperti melalu fanspage di facebook yang dibuat oleh penggemar coca-cola yaitu Dusty sorg dan Michael j. Penggemar halaman Coca_cola menempati urutan pertama saat buku ini ditulis yaitu 5.357.196 penggemar.
Tidak hanya Cocacola yang tidak menyia-nyiakan media sosial sebagai alat promosi Pizza Hut sebagai jaringan makanan fast food juga menggunakan jejaring sosial/media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen mereka dan berpromosi melalui jejaring sosial.entah itu memalui facebook, twiter, blog, instagram,dan lainya.
Starbucks juga menggunakan mdia social website dan juga jejaring sosial facebook twitter instagram dan juga blog untuk berpromosi.


No comments:

Post a Comment