Digital Marketing Communication : Membuat Perencanaan dan
Strategy pada Digital Marekting
Latar Belakang.
Di era yang serba canggih seperti sekarang
ini, banyak bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi
pendukung. Pemanfaatan teknologi yang saat ini sedang trend salah satunya
adalah sosial media marketing. Internet telah menjadi salah satu hal penting
dalam bisnis terutama dalam pemasaran atau marketing. pengguna internet tanah
air yang mencapai 72,7 juta penduduk, pengguna sosial media aktif 74 juta
penduduk, total perangkat mobile 308 juta perangkat.
secara industri keseluruhan selama
2015,penjualan ritel online di indonesia memang tengah naik daun.menurut riset
eMarketer mencapai US$ 3,22 milliar angka tersebut naik sebesar 65,6% dari 2014
dan diprediksi akan terus tumbuh selama 2016 terutama didorong beberapa
kebijakan yang tengah disiapkan pemerintah untuk mencapai US$ 130 milliar pada
2020.
Teknologi telah mengubah cara kerja ekonomi
global dan bagaimana lapangan pekerjaan baru tercipta. Dalam perkembangannya,
sebuah bisnis selalu mengaitkan sosial media sebagai salah satu alat yang
paling efektif untuk berpromosi. Banyangkan saja jika bisnis yang kita jalankan
tanpa adanya dukungan dari media sosial, pastinya marketing atau pemasaran
tidak dapat berjalan dengan efektif dan sempurna.
Sosial media marketing sangat penting bagi
perkembangan bisnis terlebih lagi di era digital sekarang ini, karena selain
mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis
melalui sosial media juga murah.
Dalam ledakan teknologi dan sosial media ini
muncul strategi marketing yang sedang trend dan perlu untuk kita perhatikan.
Media digital dan media sosial yang
semakin menjamur
tidak dapat dipungkiri telah membuat orang perlahan-lahan meninggalkan
media konvensional, seperti televisi, koran, dan majalah.
Acara-acara ini televisi sekarang banyak yang dapat lebih dinikmati pula
di Youtube. Berita-berita di surat kabar atau majalah dapat pula dibaca di
berbagai website dan internet. Lagu-lagu di radio pun sudah dapat diakses dari
berbagai media internet. Hal ini sedikit banyak tentu memengaruhi media
iklan para penyedia produk atau jasa.
Dulu, media beriklan yang digunakan oleh semua penyedia
produk atau jasa hanyalah berkisar sedih antara televisi, radio,
koran, majalah, billboard, spanduk, atau sejenisnya. Kesemua
itu menuntut penyedia produk atau jasa membayar media tersebut untuk beriklan.
Sekarang, dengan tersedianya media digital, penyedia produk atau jasa dapat
beriklan di dunia maya sebanyak mungkin yang mereka mau, bahkan tanpa perlu
membayar sepeserpun.
Hal ini tentu dipandang menarik dan sangat menguntungkan bagi
pemilik produk selain hemat dalam anggaran untuk membuat iklan tentu saja dapat
mengurangi biaya perusahaan. Walaupun media konvensional dan media digital
memilki pangsa pasar yang berbeda beriklan di media sosial tetap memiliki nilai
untuk menguatkan meningkatkan branding sebuah produk atau jasa dengan low cost.
Maka dari itu tidak mengherankan jika iklan di media sosial mengalami
peningkatan , sedangkan iklan di media konvensional cenderung stagnan.
Pembahasan.
Dunia kompetisi menjadi semakin sengit dan
hanya mereka yang cerdas dan mampu memanfaatkan perkembangan jaman adalah
mereka yang akan selamat dan mendapatkan keuntungan yang lebih. Siapa yang
belum mengetahui apa itu digital marketing?. Strategi marketing modern yang
efekfivitas dan efisiensinya dapat dikatakan lebih unggul ketimbang marketing
tradisional biasa. Terdapat banyak kendala pada marketing tradisional seperti
mengukur impresi dan engagement.
Mengukur beberapa data tersebut akan lebih
mudah dilakukan dengan melancarkan strategi digital
marketing.Kesulitan-kesulitan itu memaksa para pemasar atau marketer untuk juga
mengalihkan fokus strategi marketingnya dari tradisional ke digital. Tidak
hanya karena itu, tapi juga adanya pertimbangan jumlah audience yang besar
untuk dimanfaatkan para pemasar atau marketer. Oleh karena itu, ada baiknya
kita mengenal beberapa strategi digital marketing yang sangat vital.
Pemasaran digital adalah, suatu usaha untuk
mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat
menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. pemasaran digital
mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasar internet. Dengan
adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital
menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim
melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar. Pemasaran digital
turut menggabungkan faktor psikologis,humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan
kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara
produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang
diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
·
Solusi pemasaran digital.
Solusi pemasaran digital
meliputi penggunaan berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan
dorong. Hal ini digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan
keterlibatan konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan responsif dalam memenangkan konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat
komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui investasi baru dalam teknologi dan inovasi. Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal
berupa mencapai, retensi , dan pendapatan.
·
Aturan dalam pemasaran digital.
1.
Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
3.
Gunakan harga yang kreatif.
4.
Mengutamakan desain bagi konsumen.
6.
Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan
pengetahuan.
·
Langkah-langkah pemasaran digital
Dalam
aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA
(Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam
proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).
1.
Awareness (Kesadaran). Dalam ranah digital, pemasar membangun
kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online, seperti detik.com.
2.
Interest (Ketertarikan). Ketertarikan muncul setelah membangun
kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari
informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk
melalui mesin pencari (Google, Yahoo!.dll) dan jejaring sosial Facebook, twiter dll.
3.
Desire (Keinginan). Timbul keyakinan pada konsumen sehingga
berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai
dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
4.
Action (Tindakan).Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak
konsumen terhadap produk atau jasa.
Kunci sukses pemasaran digital Harus
memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
Pasar adalah tempat komunikasi dua arah.
Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih
dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, Blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah
melalui jejaring sosial. Mulai dari rencana promosi dan strategi
desain web yang efektif. Efektif berarti membuat desain yang sesuai,
dengan informasi yang bernilai tinggi bagi pengunjung. Strategi Ampuh
untuk Membangun Digital Marketing atau Pemasaran Digital
Digital Marketing adalah salah satu metode marketing yang saat
ini sedang berkembang dengan sangat pesat.
Digital marketing itu sendiri mengacu pada
metode marketing dengan memanfaatkan peralatan elektronik seperti komputer dan
juga smartphone agar bisa berinteraksi dengan para konsumen.
Aplikasi dari digital marketing itu sendiri
biasanya lebih banyak mengacu pada berbagai tekhnologi yang memanfaatkan
internet seperti email, jaringan sosial dan juga website.
Metode digital marketing juga menggunakan
model peralatan elektronik lainnya seperti radio, saluran TV, papan bilboard di
jalan-jalan utama dan masih banyak lagi.
Saat ini sebagian besar konsumen atau calon
konsumen mulai beralih ke internet atau berbagai media digital lainnya untuk
menemukan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidak hanya
itu, para calon konsumen ini juga ingin tahu mengenai pendapat teman atau
relatif mereka mengenai sebuah brand tertentu.
Para konsumen menginginkan brand yang dapat
mereka percaya, memiliki kualitas yang mereka cari dan juga benar-benar sesuai
dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Disinilah digital marketing berperan
penting untuk bisa menjangkau para calon konsumen tersebut.
·
Jenis-jenis Digital Marketing
Secara umum dikenal ada dua jenis digital
marketing, yaitu:
1.
Push digital marketing.
Jenis digital marketing yang satu ini mengacu
pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari
calon konsumen.Beberapa strategi marketing yang masuk dalam kategori ini adalah
pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi
ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel
orang-orang.Kelebihan dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang
lebih lengkap, mampu mentarget calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung
secara konsisten dan juga bisa mengirim konten promosi tepat waktu.Kekurangannya
sendiri meliputi biaya yang cukup tinggi, target calon konsumen yang tidak
terlalu besar serta ada kemungkinan untuk sulit ditemukan.
2.
Pull digital marketing
Tidak seperti jenis push digital marketing
dimana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis
pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari
informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.Para konsumen mencari
informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka
cari. Aktivitas SEO atau Search Engine Optimization yang bertujuan untuk
memaksimalisas penggunaan mesin pencari merupakan hal yang erat kaitannya
dengan jenis marketing yang satu ini.SEO memungkinkan website atau blog dari
sebuah produk berada pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, yang
akan memperbesar kemungkinan untuk dikunjungi. Dengan menggunakan tekhnik SEO,
para marketer akan bisa menjawab kebutuhan para konsumen dalam mencari apa yang
mereka butuhkan di internet, dan secara tidak langsung menyukseskan strategi pull digital marketing kelebihan dari jenis digital marketing ini
adalah ukuran konten yang tidak terbatas serta fleksibilitas dalam menyimpan
dan menampilkan konten. Kekurangannya sendiri meliputi tingkat kesulitan yang
cukup besar agar para konsumen bisa menemukan konten yang sudah dibuat serta
adanya kemungkinan blocking bila konten yang ada tercampur baur.
·
Membuat Strategi Digital Marketing
Dalam menjalankan digital marketing, para
marketer tentunya perlu menyiapkan strategi dan rencana tertentu agar bisa
mencapai hasil yang mereka inginkan. Saat ini sebagian besar industri baik
skala kecil, menengah, ataupun besar memanfaatkan digital marketing untuk
menjangkau konsumen mereka.
Tanpa strategi yang tepat, maka semua usaha
akan tenggelam di antara ribuan usaha serupa dan tidak akan berhasil mencapai
tujuan awal yang diinginkan. Hal ini sama saja dengan menyia-nyiakan dana yang
ada.
Dalam strategi digital marketing ataupun
strategi marketing lainnya, secara umum ada tiga tujuan utama yang hendak
dicapai oleh para pemilik usaha, yaitu:
1.
Meningkatkan kesadaran masyarakat luas mengenai keberadaan produk
tersebut.
2.
Saat tujuan utama berhasil dilakukan, maka publik akan mempertimbangkan
untuk menggunakan produk tersebut dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
3.
Bila penjualan terus meningkat maka ada kemungkinan brand tersebut
mendapatkan konsumen yang loyal pada brand itu dan secara tidak langsung para
konsumen itu akan mengadvokasi atau mengajak orang lain untuk mempergunakan
brand yang sama.
Ada beberapa point atau hal penting yang
perlu diperhatikan saat akan membuat strategi digital marketing dan mereka
adalah:
• Target konsumen.
Sebuah usaha yang membuat produk atau jasa
tentunya memiliki target konsumen yang diharapkan akan mempergunakan produk
atau jasa tersebut. Sangatlah penting untuk menentukan target konsumen agar
bisa membuat pesan atau model promosi yang tepat untuk kalangan konsumen yang
dimaksud. Membuat target konsumen yang terlalu luas akan memberikan tantangan
yang lebih besar dan akan jauh lebih sulit untuk sukses.
• Mengenal target konsumen lebih dalam.
Hal ini adalah salah satu hal yang perlu
dilakukan dalam setiap model marketing dan tidak terbatas pada strategi ini
saja. Sebuah brand yang mampu mengenal calon konsumen mereka lebih dalam akan
mampu membuat produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja
meningkatkan penjualan.
Bagaimana cara untuk mengenal konsumen lebih
dalam dan memahami apa kebutuhan mereka?
Di era seperti ini dimana internet merupakan
salah satu media utama orang-orang dalam berkomunikasi, informasi seperti ini
sangat mudah didapatkan.
Para marketer bisa melakukan survey atau
penelitian melalui berbagai forum online, dimana orang-orang menyampaikan
pendapat mereka yang sebenar-benarnya. Selain itu bisa juga dengan melihat apa
yang dilakukan oleh kompetitor lain yang juga menyasar target yang sama. Dengan
begitu, para marketer akan bisa mengetahui lebih banyak mengenai calon konsumen
yang menjadi target mereka sebagai bahan dalam menyiapkan strategi marketing
yang tepat.
• Penciptaan branding yang tepat.
Hal ini merupakan salah satu langkah awal
yang perlu dilakukan agar strategi marketing bisa berjalan lebih lancar.
Branding meliputi banyak hal mulai dari memperkenalkan logo brand ke masyarakat
luas, membuat kalangan publik mengenal tentang brand tersebut serta mampu untuk
membuat publik mampu mengaitkan sebuah brand dengan produk yang diproduksi.
Penciptaan branding yang tepat dimulai dengan berfokus pada tujuan yang
spesifik, membuat sesuatu yang beda dari yang lain dan juga mampu berkomunikasi
dengan baik.
• Mengenal lawan atau kompetitor dengan lebih
baik
Dunia kompetisi sudah semakin sengit dan
sangatlah penting untuk mengenal siapa saja lawan yang ada dalam usaha bisnis
yang serupa. Bila sebuah bisnis mampu mengenal lawan mereka serta berbagai
strategi yang mungkin mereka pergunakan, maka mereka mampu untuk menjadi sebuah
bisnis yang berbeda dari yang lain (berkaitan dengan branding)
• Memilih chanel digital marketing yang akan
dipergunakan.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya,
strategi ini melibatkan banyak model platform dan chanel. Internet merupakan
platform yang paling populer karena ada banyak sekali chanel yang bisa
dipergunakan contohnya saja jaringan sosial, blog, website, penggunaan email
promosi, strategi affiliate, toko online, dan masih banyak lagi.
Sangat penting untuk mengenal masing-masing
channel, serta mencari tahu kelebihan serta kekurangan yang dimiliki
masing-masing channel tersebut. Selain itu, perlu juga untuk mengetahui
beberapa informasi tambahan lainnya seperti jenis channel yang paling banyak
dipergunakan oleh target konsumen serta channel yang tidak dipergunakan oleh
kompetitor yang lain.Kesalahan dalam memilih jenis chanel yang tepat akan
membuat usaha digital marketing yang dilakukan mengalami kegagalan.
Sebuah usaha bisa mempergunakan lebih dari
satu chanel dalam usaha digital marketing mereka. Tentu saja bila hal ini
dilakukan, sang pemilik usaha perlu melakukan distribusi yang tepat dalam
mempergunakan chanel tersebut dan juga melakukan usaha integrasi antara satu
dengan yang lain.
• Melakukan evaluasi secara rutin.
Melakukan evaluasi untuk melihat apakah
metode marketing yang dipergunakan membawa hasil yang diharapkan sangatlah
mudah untuk dilakukan saat ini. Ada berbagai jenis tes yang bisa dilakukan
untuk melihat tingkat kesuksesan dari pelaksanaan sebuah metode, tes untuk
melihat besarnya pengunjung yang datang, tes untuk melihat asal pengunjung,
kolom saran dan komentar dari para pengunjung serta berbagai alat lainnya.
Dengan melakukan evaluasi, para marketer bisa
melihat kesalahan apa yang telah dilakukan, hal-hal apa saja yang perlu
ditingkatkan serta tingkat kefektifan sebuah metode. Dengan begitu para
marketer bisa memilih jenis strategi yang paling tepat untuk diaplikasikan
dimasa yang akan datang.
• Analisis
kompetisi bisnis dimasa yang akan datang.
Trend bisnis dan segala sesuatu yang
berkaitan dengannya selalu berubah dari waktu ke waktu. Para marketer dan para
pemilik usaha hendaknya mampu untuk bisa meramalkan atau memperkirakan
perubahan apa yang akan terjadi di masa depan. Hal ini sangat penting agar mereka
bisa mempersiapkan diri sedini mungkin dan tidak tertinggal dibelakang para
kompetitor yang lain
• Strategi konten
Hal ini ada kaitannya dengan branding sebuah
brand. Sebuah brand hendaknya memiliki sebuah konten atau tujuan akhir dari
brand tersebut, lebih dari sekedar meningkatkan penjualan. Hal inilah yang
harus ditekankan pada keseluruhan proses branding tersebut.
Bila tujuan utama dari sebuah brand telah
ditetapkan (biasanya tujuan utama ini merupakan jawaban dari segala sesuatu
yang dibutuhkan konsumen, contohnya produk pakaian dengan tujuan utama
memberikan tampilan elegan dengan harga terjangkau), maka akan membuat tujuan
marketing jauh lebih bermakna dan secara tidak langsung akan memotivasi para
marketer dan juga calon konsumen
• Berfokus pada cara untuk mempertahankan
loyalitas konsumen
Fokus utama dari strategi digital marketing
itu bukan hanya untuk mendapatkan konsumen baru serta meningkatkan penjualan,
namun perlu juga untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Loyalitas ini bisa dipertahankan dengan
selalu berupaya untuk melakukan hal-hal yang memastikan bahwa konsumen akan
kembali mempergunakan produk atau jasa yang sama.
Konten yang relevan, tawaran program menarik
untuk konsumen tetap serta berbagai penawaran lainnya merupakan salah satu cara
yang juga bisa diterapkan agar strategi digital marketing meraih hasil yang
diinginkan.
Hal ini tentu saja harus disesuaikan dengan
objek utama dari bisnis itu sendiri apakah untuk meningkatkan kesadaran
konsumen mengenai brand itu, meningkatkan penjualan ataupun advokasi. Hal ini
menjadi salah satu titik penting bagi marketer online terutama mereka yang
usahanya sudah cukup berkembang. Banyak bisnis yang berhenti pada usaha untuk
meningkatkan penjualan dan sedikit saja yang beranjak pada langkah ini.
·
Tantangan dalam Strategi Digital Marketing
Sama seperti berbagai strategi marketing
lainnya, stategi yang satu ini juga memiliki tantangannya sendiri. Saat ini
beberapa tantangan yang paling banyak dihadapi oleh para digital marketer
adalah:
1) Tingkat kompetisi yang semakin tajam dari
waktu ke waktu.
Hal ini sangat wajar mengingat platform
internet serta berbagai chanel yang bisa dipergunakan tergolong sangat murah
bila dibandingkan denga metode marketing tradisional.
Semua jenis bisnis mulai dari skala kecil
hingga kecil bisa mempergunakan metode ini sehingga tidak heran bila ada
ratusan bahkan ribuan kompetitor yang bersaing dalam pemasaran produk atau jasa
yang serupa. Hal ini jugalah yang membuat segala usaha untuk mendapatkan
perhatian dari para konsumen akan jauh lebih sulit. Para marketer dituntut
untuk bisa kreatif dan inovatif agar bisa tetap berada di jajaran ke depan dan
mendapatkan perhatian konsumen.
2) Adanya pilihan chanel yang sangat beragam.
Terlepas dari populernya internet sebagai platform utama dalam metode digital
marketing, chanel yang ada sangatlah beragam dan chanel yang baru terus
bermunculan setiap harinya.
Masing-masing chanel memiliki spesifikasi,
protokol, tujuan serta cara penggunaan yang berbeda. Para marketer harus mampu
memprediksikan chanel apa yang dipergunakan oleh target konsumen mereka
sehingga mereka bisa memilih chanel yang tepat sebagai sarana promosi.
3) Perkembangan jumlah data yang tidak
terhingga jumlahnya. Mendapatkan data yang valid dan akurat mengenai target
konsumen adalah hal yang sangat penting bagi para marketer online.
Namun perkembangan data yang ada saat ini
sangatlah banyak sehingga terkadang akan sulit untuk memisahkan data yang valid
dengan data yang tidak valid. Kesalahan dalam memilih data yang tidak valid
akan membuat tujuan marketing tidak tercapai dengan sempurna.
Masalah-masalah ini menjadi salah satu
tantangan yang banyak dihadapi oleh marketer online saat ini. Oleh karena itu
tidak heran bila para marketer dituntut untuk berwawasan luas, kreatif serta
fleksibel agar mampu menjawab tantangan dan perubahan yang terjadi dari waktu
ke waktu.
·
Alat Digital Marketing
Dalam menjalankan strategi digital marketing,
ada berbagai alat yang bisa dipergunakan. Sebagian dari alat tersebut dapat dipergunakan
secara gratis sementara yang lain merupakan alat berbayar.
Berikut ini adalah beberapa alat digital
marketing yang bisa dipergunakan oleh para online marketer, yaitu:
1) Google Analytic. Google sendiri
menyediakan berbagai jenis alat yang bisa dimanfaatkan oleh para marketer
online. Google analytic tersedia dalam berbagai versi baik standar yang gratis
dipergunakan atau versi premium yang lebih mutakhir (versi berbayar).
Alat ini sangat mudah untuk dipergunakan dan
dapat memberikan informasi yang mendalam mengenai traffic atau pengunjung dari
sebuah website, yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki strategi marketing
itu sendiri.
2) Google Ads. Para marketer online juga bisa
mempergunakan fitur yang satu ini dalam strategi digital mereka. Mereka bisa
menempatkan iklan di halaman mesin pencari Google melalui paket Pay per Click
dan mendapatkan akses untuk bisa dilihat oleh para calon konsumen. Selain itu,
para marketer juga bisa membuka akun AdWords mereka sendiri dan memanfaatkan
fitur Keyword Planner yang bisa memberikan informasi untuk keyword-keyword yang
memiliki kemungkinan besar untuk dipergunakan oleh para calon konsumen
3) Berbagai jenis sosial media. Saat ini ada
berbagai jenis sosial media yang terus bermunculan dari waktu ke waktu. Penggunaan
sosial media menjadi salah satu cara mudah bagi para marketer online dalam
menjalankan strategi digital marketing mereka. Sosial media yang sedang populer
saat ini adalah Facebook, Twitter, Pinterest, Flickr, YouTube dan LinkedIn.
Masing-masing sosial media memiliki cara
penggunaan yang berbeda, fitur-fitur yang berbeda, serta tujuan yang berbeda.
Sangatlah penting untuk memilih jenis sosial media yang sesuai dengan kebutuhan
dari usaha itu sendiri.
Trend penggunaan sosial media terus
berkembang dan saat ini mulai banyak bermunculan sosial media dengan fitur yang
baru. Para marketer online juga perlu memperhatikan perubahan ini agar mampu
menyesuaikan dengan cepat dan tidak tertinggal dari kompetitor yang lain.
1) Blog: Blog adalah salah satu alat atau
lebih tepatnya chanel yang bisa dipergunakan dalam strategi digital marketing. Saat
ini banyak sekali tersedia provider atau platform blog yang gratis dan bisa
dipergunakan oleh siapa saja dan yang paling populer adalah WordPress, Blogger
dan juga Tumblr. Saat ini banyak sekali perusahaan yang bukan hanya
mengembangkan website resmi milik mereka, namun turut juga menyediakan blog
yang berisi konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi para konsumen.
2) Alat managemen sosial media: Ada berbagai
jenis managemen sosial media yang bisa dipergunakan oleh para marketer. Untuk
mereka yang memiliki lebih dari satu akun Twitter, maka Tweetdeck akan sangat
bermanfaat. Tweetdeck bisa dipergunakan untuk mengatur status yang akan
dimunculkan pada masing-masing akun. Untuk mereka yang memiliki banyak akun
sosial media, maka bisa mempergunakan Hootsuite.
Aplikasi yang satu ini bisa dipergunakan
untuk mengatur lima akun media sosial yang berbeda cukup dengan sekali log-in.
Selain itu, sang pemilik akun juga bisa mempergunakan salah satu fitur yang ada
di Hootsuite untuk mengatur agar sebuah post muncul pada waktu tertentu. Dengan
begini, masing-masing akun akan selalu diupdate dengan post yang baru terlepas
dari sedang online atau tidaknya sang pemilik akun.
• Slideshare: Slideshare merupakan salah satu
alat yang dapat dipergunakan khususnya untuk mereka yang hendak menyajikan
sebuah post atau artikel dalam bentuk presentasi slide. Slideshare adalah salah
satu alternatif selain Power Point dan lebih mudah untuk dipergunakan.
• Foursquare: Foursquare sebenarnya masuk
dalam kategori sosial media yang memudahkan penggunanya untuk membagi cerita
tentang dimana mereka berada, kegiatan yang sedang mereka lakukan dan juga bisa
dipergunakan untuk meninggalkan tips tertentu.
• Bit.ly dan Ow.ly yang merupakan sebuah alat
yang membantu untuk menyingkat URL dari alamat website yang terkadang terlalu
panjang. Hal ini memungkinkan URL tersebut untuk dimasukkan dalam status di
Twitter untuk tujuan promosi
• Followerwonk: Alat yang satu ini bisa
dikatakan sebagai alat analisis untuk para pengguna Twitter. Dengan
Followerwonk, pengguna Twitter bisa mengelompokkan para follower berdasarkan
nama, lokasi, jenis kelamin, bahasa yang dipergunakan serta banyak lagi, yang
tentu saja bisa dipergunakan untuk tujuan tertentu.
• Rapportive: Rapportive adalah sebuah plugin
khusus untuk mereka yang memiliki akun Gmail. Saat mengirimkan sebuah email
untuk orang tertentu pada akun email di perusahaan mereka, ada kalanya alamat
email tersebut tidak tercatat pada website perusahaan dan email tersebut
terpaksa dikirim pada alamat email umum dari perusahaan tersebut. Rapportive
akan membuat perkiraan mengenai alamat email yang valid dari orang yang dicari
berdasarkan nama orang dan perusahaan tersebut.
• Google Drive: Alat yang satu ini bisa
dipergunakan oleh para marketer online untuk mengkolaborasikan file dalam
bentuk Word dan Excel menjadi satu buah file yang menarik.
• Email: Sampai saat ini penggunaan email
sebagai salah satu chanel atau alat dalam digital marketing masih sangat
populer. Tingkat kesuksesan yang dihasilkan oleh email juga tergolong cukup
baik. Saat ini tersedia banyak sekali provider atau mereka yang menyediakan
alamat-alamat email yang sesuai dengan target konsumen yang dituju. Contohnya
saja, sebuah perusahaan yang memproduksi alat kesehatan tertentu bisa
mendapatkan alamat email dari dokter-dokter di satu area tertentu untuk
dikirimi email penawaran produk tersebut.
• Pixlr Grabber: Adalah salah satu ekstensi
yang ditawarkan oleh FireFox dan Chrome. Para pengguna Pixlr Grabber bisa
mempergunakannya untuk mengambil bagian dari halaman sebuah website, kemudian
mengeditnya secara online dan disimpan dalam bentuk format JPEG, PNG atau
format lainnya. Hal ini cukup menguntungkan untuk mereka yang suka menampilkan
gambar dalam presentasi produk mereka.
Berbagai alat yang telah disebutkan diatas
hanyalah contoh kecil dari alat-alat yang bisa dipergunakan dalam dunia digital
marketing. Masih banyak lagi alat-alat lain yang bisa dipergunakan oleh para
marketer yang tentu saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan promosi mereka.
·
Trend Digital Marketing
Strategi digital marketing terus menerus
berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Jenis chanel yang populer dan
banyak dipergunakan oleh para konsumen di waktu tertentu bisa saja berubah
menjadi chanel yang tidak lagi diminati di waktu yang akan datang.
Sangatlah penting untuk memperhatikan trend
apa yang sedang berkembang untuk memastikan agar tujuan marketing yang ada
berhasil.
Berikut ini adalah beberapa trend yang bisa
diharapkan untuk berkembang di tahun-tahun yang akan datang:
1) Penggunaan mobile marketing. Hal ini
sejalan dengan pertumbuhan smartphone dan ponsel yang mengintegrasikan internet
dalam produk mereka. Berbagai riset menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun
semakin banyak transaksi atau penjualan yang dilakukan oleh para konsumen
melalui smartphone dan tablet dibandingkan dengan menggunakan PC dan laptop.
Para pemilik usaha harus tanggap dengan
menyediakan berbagai fitur online yang bisa diakses melalui smartphone dan
tablet para konsumen.
2) Penggunaan gambar dan video yang lebih
menarik perhatian. Naiknya popularitas Pinterest yang berfokus pada penggunaan
gambar merupakan salah satu bukti bahwa penggunaan gambar-gambar yang menarik
dan sesuai dengan konten seperti Infographics akan lebih mampu menarik
perhatian calon konsumen.
Tidak hanya itu, banyak juga calon konsumen
yang memutuskan untuk melihat video penawaran produk atau jasa sebelum
memutuskan untuk menggunakan produk tersebut atau tidak. Hal ini bisa
dimanfaatkan oleh para marketer dengan melibatkan gambar yang menarik serta
video yang benar-benar menjual untuk tujuan promosi mereka.
3) Pengabungan sosial media untuk lebih
mengefektifkan SEO. Sosial media merupakan salah satu cara untuk memperkuat
usaha sebuah bisnis dalam membuat strategi SEO yang mereka terapkan lebih
efektif.
4) Pentingnya konten marketing. Konten
marketing adalah salah satu hal yang paling penting dalam dunia digital
marketing. Kualitas dari konten sebuah artikel menjadi salah satu hal yang
perlu mendapat perhatian lebih.
Selain itu, Google sebagai mesin pencari
terbesar saat ini menerapkan dua aturan baru yang lebih mempopulerkan
pentingnya konten marketing. Aturan pertama disebut dengan nama Hummingbird
Algorithm yang menemukan informasi yang dibutuhkan berdasarkan cara orang-orang
berbicara.
Aturan kedua adalah penerapan 100% enkripsi
pada pencarian berdasarkan keyword atau penerapan SSL pada setiap pencarian.
Bisa dikatakan bahwa Google akan mengekripsi
pencarian keyword atau dengan kata lain AdWords adalah satu-satunya metode
pencarian berdasarkan keyword yang akan dibayar. Bila hal ini benar-benar
diaplikasikan maka para marketer bisa mengatakan selamat tinggal pada
penggunaan data keyword organik.
5) Remarketing atau Retargeting. Trend yang
satu ini mengacu pada fakta bahwa banyak sekali orang yang mengunjungi sebuah
website namun tidak melakukan pembelian sama sekali.
Tujuan dari Remarketing adalah untuk menyasar
para pengunjung website yang tidak melakukan pembelian dengan harapan agar para
pengunjung tersebut bisa membeli produk yang ditawarkan dengan cara
mengiklankan produk tersebut pada website yang mungkin dikunjungi. Para
marketer bisa menggunakan jasa Google Marketing atau AdRoll untuk tujuan ini.
6) Marketing berdasarkan lokasi. Hal ini
berjalan sejalan dengan naiknya popularitas penggunaan smartphone atau tablet
yang dilengkapi dengan GPS dan maps. Para konsumen pada umumnya akan
menggunakan smartphone mereka untuk mencari produk atau jasa yang mereka
butuhkan yang berada dekat dengan lokasi mereka.
Para marketer hendaknya jeli dan meletakkan
bisnis mereka dalam posisi yang mudah ditemukan oleh para calon konsumen yang
ada di sekitar mereka.
7) Google+ adalah salah satu trend yang
diprediksikan akan berkembang ditahun-tahun yang akan datang.
Usaha Google untuk lebih terlibat dalam dunia
sosial media memang belum menunjukkan hasil yang benar-benar sukses seperti
yang ditunjukkan oleh Facebook, namun bila dilihat perkembangan penggunanya
maka terlihat adanya kenaikan jumlah pengguna yang cukup signifikan dan hal ini
bisa menjadi bahan pertimbangan para marketer.
Tidak hanya berkutat sebagai sosial media
semata, Google+ juga akan berkembang menjadi berbagai hal termasuk salah satu
diantaranya adalah Google Carousel.
Applikasi yang satu ini lebih ditujukan
sebagai alat pencari hotel dan even-even yang ada di daerah tertentu lengkap
dengan alamatnya. Applikasi ini akan dikembangkan sehingga menjadi live atau
disiarkan secara langsung dan saat ini sudah mulai dikembangkan di Amerika
Serikat dan Eropa.
8) Meta Search. Penggunaan meta search
menjadi salah satu trend yang juga cukup populer di tahun-tahun yang akan
datang.
Penggunaan meta search digabungkan dengan
metode digital marketing yang lain akan bisa membuat para calon konsumen untuk
datang langsung ke website perusahaan yang bersangkutan. Hal ini mulai banyak
dilakukan terutama oleh perusahaan travel atau hotel, sehingga mereka tidak
perlu membayar komisi kepada pihak ketiga seperti Expedia dan Travelocity.
9) Pencarian semantik. Hal ini memiliki
kaitan erat dengan konten marketing dimana proses pencarian akan lebih banyak
berfokus pada makna dan tujuan dari sang pencari dibandingkan sekedar keyword
semata.
10) Penggunaan tekhnik yang sederhana dan
tidak terlalu kompleks. Mengaca pada berbagai brand besar yang ada di seluruh
dunia, maka kesederhanaan yang dibarengi dengan konsistensi menjadi kunci utama
dari trend digital marketing yang akan semakin berkembang.
Kesalahan dalam Applikasi Digital Marketing
Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan
oleh para marketer online yang mempraktekkan strategi marketing ini yaitu:
1) Tidak memberikan respon terhadap feedback
yang datang di sosial media. Salah satu kesalahan utama yang banyak dilakukan
online marketer adalah tidak menjawab komentar, saran atau pertanyaan yang
diajukan oleh orang-orang melalui website, blog atau akun sosial media mereka.
Gagal untuk memberikan respon untuk semua feedback ini berarti mereka gagal
untuk menjalin hubungan dengan para calon konsumen dan bisa menurunkan tingkat
kepercayaan.
2) Terlalu berpusat pada promosi produk dan
bukan pada konsumen. Membuat post mengenai produk atau penawaran yang sedang
ada tentu saja perlu dilakukan tapi bila hal ini terus menerus dilakukan maka
para calon konsumen akan jenuh. Tingkatkan kualitas post yang ada dengan
melibatkan konten yang menarik dan akan membuat para pembaca tertarik untuk
datang lagi baik dengan menyediakan cerita, menulis artikel bermanfaat,
menggunakan humor dan masih banyak lagi
3) Tidak mengakui kesalahan. Sebuah bisnis
tidak lepas dari kesalahan dan bila hal itu terbukti maka sebaiknya pemilik
bisnis maju untuk mengakui kesalahan dan melakukan perbaikan untuk hal
tersebut. Tidak akan ada gunanya untuk menyangkal atau bahkan mencoba
memutarbalikkan fakta karena hal itu akan lebih memperburuk suasana
4) Membawa konten yang sudah pernah dibahas
sebelumnya. Pastikan untuk selalu membawa hal-hal baru dalam setiap konten,
sesuatu yang menarik yang sebelumnya tidak pernah dibahas dan hal ini akan
membawa pada kesuksesan.
·
Applikasi Digital Marketing
Digital marketing adalah sebuah istilah yang
sebenarnya sudah ada sejak lama namun hal ini semakin berkembang seiring dengan
berkembangnya internet dari waktu ke waktu. Di era dimana internet menjadi
sumber utama setiap orang dalam mencari informas dan juga melakukan bisnis,
digital marketing menjadi salah salah satu hal utama yang tidak boleh
dilewatkan oleh para pebisnis yang ingin mencapai kesuksesan.
Bagaimana cara untuk bisa benar-benar terjun
dan mengefektifkan strategi marketing yang satu ini? Ada dua strategi dasar
yang perlu diterapkan agar strategi ini benar-benar berhasil, yaitu:
1) Riset atau penelitian: Hal ini adalah
dasar dari semua tindakan yang perlu diambil oleh para pebisnis dalam termasuk
juga dalam melaksanakan strategi marketing mereka.
Riset yang perlu dilakukan meliputi banyak
hal termasuk didalamnya adalah seluk beluk mengenai bisnis yang dijalankan,
tujuan yang ingin dicapai dari strategi marketing yang hendak dipergunakan,
permasalahan yang dihadapi oleh bisnis tersebut serta berbagai hal lainnya.
Analisis secara mendalam mengenai bisnis yang
ingin diangkat akan memberikan arah yang lebih jelas dari usaha marketing itu
sendiri.
2) Integrasi antara masing-masing strategi:
Apapun jenis strategi yang dipergunakan, semuanya bisa dintegrasikan untuk
membawa hasil yang lebih baik. Bila strategi marketing tersebut dipergunakan
secara terpisah maka hasilnya akan kurang memuaskan.
Bila semuanya sudah jelas, maka para pemilik
usaha atau bisnis memiliki beberapa pilihan untuk menjalankan strategi digital
marketing ini yang bisa berupa:
1) Konsultan digital marketing yang bisa
melakukan evaluasi serta memberikan saran untuk chanel marketing yang tepat.
Jasa konsultan seperti ini banyak tersedia dan bisa dipergunakan baik secara
harian atau per proyek yang harus dikerjakan
2) Jasa agensi digital marketing. Saat ini
sudah banyak agensi yang menawarkan jasa pelaksana digital marketing yang
berdiri lepas dari perusahaan tersebut dan bekerja untuk mencapai tujuan utama
dari sang pemilik bisnis. Pada umumnya agensi seperti ini memiliki kemampuan
untuk melakukan atau menyediakan pelayanan digital marketing secara komplit.
3) Memperkerjakan orang-orang yang ahli di
bidang digital marketing sebagai bagian dari departemen marketing itu sendiri.
Kesimpulan.
Pemilihan secara tepat untuk langkah yang
akan diambil tentunya harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Satu hal yang
perlu diingat mengenai dunia digital marketing adalah kenyataan bahwa mereka
yang memilih untuk tidak memanfaatkannya akan kehilangan para calon konsumen.
Saat ini sebagian besar konsumen atau calon
konsumen mulai beralih ke internet atau berbagai media digital lainnya untuk
menemukan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidak hanya
itu, para calon konsumen ini juga ingin tahu mengenai pendapat teman atau
relatif mereka mengenai sebuah brand tertentu.
Para konsumen menginginkan brand yang dapat
mereka percaya, memiliki kualitas yang mereka cari dan juga benar-benar sesuai
dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Disinilah digital marketing berperan
penting untuk bisa menjangkau para calon konsumen tersebut.
Dunia kompetisi menjadi semakin sengit dan
hanya mereka yang cerdas dan mampu memanfaatkan perkembangan jaman adalah
mereka yang akan selamat dan mendapatkan keuntungan yang lebih. Tanpa strategi
yang tepat, maka semua usaha akan tenggelam di antara ribuan usaha serupa dan
tidak akan berhasil mencapai tujuan awal yang diinginkan. Hal ini sama saja
dengan menyia-nyiakan dana yang ada.
Daftar Pustaka.
Hermawan
kertajaya.New wave marketing: the world
is still round, the market is already flat. Gramedia Pustaka Utama. 2009.
Philip Kotler, Hermawan Kartajaya Marketing 3.0: Mulai dari Produk ke
Pelanggan ke Human Spirit. Gramedia Pustaka Utama. 2010.
Ridwan sanjaya & Josua Tarigan. Creative Digital Marketing. Penerbit Elex Media
Komputindo. ISBN 9789792760071. 2009. Bahasa
Indonesia.y
Dr.
Ir Eddy Soeryanto Soegoto. Marketing
Reserach The Smart Way To Solve A Problem. Elex Media Komputindo. 2013.
Artikel yang sangat membantu gan......
ReplyDeleteTools Robot Digital Marketing Untuk Mendominasi Google
Tools eksekusi para master digital marketing. Sebuah tools berbasis imacros ini mampu mendominasi dan mempersingkat waktu Anda melalukan promosi Menguasai Pasar Google/Facebook & Memenangkan Persaingan Jualan Online. Robot Digital Marketing
Tujuan audit media sosial adalah untuk mengoptimalkan kehadiran online dan mencapai hasil yang lebih baik dalam kampanye media sosial Anda!
ReplyDeleteDengan strategi yang tepat, bisnis dapat memanfaatkan potensi media sosial untuk mencapai tujuan mereka dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens.
Kelebihan Social media management menawarkan berbagai macam kemampuan yang dapat mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. Dari meningkatkan brand awareness dan keterlibatan pelanggan hingga mengelola reputasi online dan meningkatkan traffic, manfaatnya sangat beragam dan signifikan
Menjaga konsistensi dalam konten adalah faktor penting dalam membangun brand yang kuat dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Dengan menentukan gaya dan suara brand yang jelas, membuat kalender konten, fokus pada kualitas, serta menjaga format dan frekuensi publikasi, bisnis dapat menciptakan konten yang terstruktur, relevan, dan efektif.
ReplyDeleteMenggunakan influencer marketing memberikan banyak manfaat bagi bisnis, mulai dari meningkatkan kesadaran brand hingga mendorong konversi dan penjualan.
Identitas brand yang kuat memiliki berbagai tujuan yang esensial bagi keberhasilan sebuah bisnis. Mulai dari membangun kepercayaan dan kredibilitas, membedakan diri dari kompetitor, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu pertumbuhan bisnis.